Kenali dan Tangani Pelecehan Seksual di Ruang Publik

  • Whatsapp
(Dave D'Incau Jr.)

Pelecehan seksual di ruang publik adalah perilaku terkait seks yang dilakukan di tempat umum. Kejadian bisa di jalanan, di angkutan umum, di sekolah, di kampus, di tempat kerja, di pasar dll.

Apa aja sih bentuk pelecehan seksual di ruang publik?

  1. Tatapan seksual. Menatap dengan mata genit. pandangan, gestur, tatapan atau lirikan seksual yang tidak senonoh dan tidak diinginkan, sehingga membuat perempuan merasa tidak nyaman.
  2. Suara mengarah seksual. Perlakuan seperti bersiul menggoda, mengejek, membuat suara ciuman, melolong, atau mendecakkan bibir dengan cara seksual secara berulang.
  3. Mengatakan lelucon yang berhubungan dengan seks. Komentar atau lelucon yang sugestif atau agresif secara seksual, atau lelucon penampilan, pakaian, anatomi atau rupa yang membuat dirinya merasa tidak nyaman.
  4. Minta informasi pribadi secara paksa. Sikap agresif dan bersikeras untuk mengetahui informasi pribadi orang lain, untuk mengetahui nama, nomor telepon, atau informasi pribadi dengan mendesak untuk mendapatkan kencan.
  5. Kontak fisik secara paksa, korban mengalami pelecahan seksual dengan bentuk sentuhan, pelukan, atau ciuman yang tidak diinginkan.
  6. Pertanyaan mengarah seksual, korban mendapatkan pertanyaan agresif dan berulang tentang kehidupan pribadi atau seks yang membuat dirinya tidak nyaman dan bisa menjadi bentuk pelecahan seksual
  7. Menguntit, mengalami pelecehan seksual dalam bentuk didekati atau orang yang mengikuti dengan niat seksual
  8. Penghinaan seksual, korban mengalami pelecehan seksual dengan cara tidak senonoh atau berulang seperti menyebut gadis, molek, boneka, sayang atau cewek. Atau penghinaan kata-kata misalnya anjing betina, jalang, pelacur dan sebagainya.
  9. Melihat bagian tubuh dengan paksa. Korban mengalami desakan yang tidak diinginkan dan berulang agar memperlihatkan bagian tubuhnya yang sebenarnya tidak ingin diperlihatkan.
    Memperlihatkan alat kelamin. Selain mempertontonkan alat kelamin, tindakan lain yang juga termasuk pelecehan seksual di ruang publik adalah sengaja melakukan masturbasi, menyentuh atau menunjukkan alat kelaminnya tanpa alasan.

Bagaimana membantu korban?

1. Dialihkan
Jika kamu melihat orang yang sedang dilecehkan secara seksual di ruang publik, kamu bisa berpura-pura menjadi teman korban, menanyakan waktu, atau lainnya dan mengajaknya ke tempat aman.

2. Dilaporkan
Kamu bisa meminta bantuan pada orang yang berwenang seperti guru, pengemudi bus, satpam, dan lainnya saat merasa mengalami pelecehan seksual.

3. Dokumentasikan
Jika terjadi pelecehan seksual dan kamu melihatnya, kamu bisa mendokumentasikannya dan berikan korban. Jangan pernah memposting rekaman atau menggunakannya tanpa izin dari korban.

4. Ditegur
Tegur pelaku pelecehan. Jika pelaku merespon, abaikan saja, untuk mencegah adanya kekerasan. Keamanan Anda dan korban yang diutamakan. Bila keadaan mengancam mintalah bantuan orang lain atau menghubungi pihak berwenang.

5. Ditenangkan
Tenangkan korban pelecehan dan posisikan dirimu sebagai teman, mengakui bahwa apa yang dilakukan pelaku pelecehan adalah salah.

Dari Berbagai Sumber

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *