Sinergitas SIMBAD dan Pemerintah Kabupaten Bandung

  • Whatsapp

SIMBAD yang difasilitasi oleh Yayasan SAPA sebagai mitra utama MADANI di Kabupaten Bandung mengadakan Focus Group Discussion (FGD) terkait sinkronisasi rencana kerja SIMBAD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung pada Kamis, 17 Juni 2021 di Hotel Grand Sunshine Soreang. Dalam pertemuan ini ada pemaparan dari Kepala Bagian Kesra, Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung, Drs. Indra Respati terkait isu prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung pada isu kesehatan ibu dan anak. Lalu pemaparan dari Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Rikmasari yang memaparkan tentang rencana kerja Dinas Kesehatan terkait dengan kesehatan ibu dan anak 2021 – 2022, serta Dindin Syarifudin sebagai perwakilan SIMBAD juga turut memaparkan terkait rencana kerja Simpul Belajar Madani (SIMBAD) Kabupaten Bandung tahun 2021-2022. Sr. FC Kabupaten Bandung juga memaparkan terkait perkembangan program MADANI baik pada tingkat nasional, maupun tingkat daerah. MADANI menyediakan service provider untuk peningkatan kapasitas dengan spesifikasi yang dimiliki oleh masing-masing.

Salah satu isu tematik yang disepakati Forum Simpul Belajar Madani Kabupaten Bandung (SIMBAD) adalah terkait dengan peningkatan kesehatan ibu bayi baru lahir (KIBBL). Ada beberapa pertimbangan yang menjadikan isu KIBBL menjadi salah satu isu prioritas Kabupaten Bandung, salah satunya ialah kebijakan pemerintah terkait pembatasan aktivitas masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 berdampak pada penurunan kuallitas layanan kesehatan ibu dan anak.

Dari hasil diskusi, ada beberapa kegiatan yang bisa diselaraskan ataupun dibagi peran antara Dinas Kesehatan dan SIMBAD, baik itu terkait advokasi kebijakan maupun modelling pilot project. Program Desa Siaga yang ada pada rencana kerja Dinas Kesehatan, dapat diwarnai dengan ide-ide modelling atau pembinaan dari anggota SIMBAD yang berasal dari berbagai macam organisasi. Dari sisi kebijakan, wacana Dinas Kesehatan untuk merevisi Perda KIBBLA juga dapat terbantu dengan kertas kebijakan yang akan disusun oleh SIMBAD.

Sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat sipil dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan bayi baru lahir menjadi sangat penting untuk dilakukan, terutama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat serta monitoring dan pengawasan layanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir di fasilitas kesehatan masyarakat. Pembagian peran antara pemerintah daerah dan masyarakat sipil dalam upaya peningkatan kesehatan KIBBL di kabupaten Bandung menjadi hal yang urgent untuk dilakukan. ***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *